Technology

Cara Memeriksa IMEI iPhone

Cara Memeriksa IMEI iPhone – Tidak semua iPhone datang ke Indonesia melalui distributor resmi, sehingga Anda perlu mengecek nomor IMEI.

Mengecek nomor IMEI juga menjadi salah satu hal yang perlu anda cermati saat membeli gadget iOS bekas. IMEI adalah akronim populer untuk International Mobile Device ID, yang merupakan nomor identifikasi 15 digit untuk iPhone.

Dengan segudang fitur baru yang keren, seri iPhone 14 disukai banyak orang. Produk ini akan mulai dijual mulai 16 September 2022.

Meski demikian, produk ini tidak langsung diluncurkan secara resmi di Indonesia. Biasanya, iPhone baru tidak langsung keluar, tetapi berbulan-bulan setelah dirilis secara resmi.

Nah, setelah peluncuran ini, akan ada banyak iPhone BM tidak resmi di Indonesia. Tidak resmi berarti produk tersebut belum membayar bea masuk. Sistem Indonesia sendiri memblokir telepon seluler yang tidak sah.

Pada artikel ini, Beritasob.com akan menjelaskan cara cek IMEI iPhone di situs resmi Kementerian Perindustrian. Ini akan memastikan iPhone yang Anda beli bukan BM dan bisa digunakan di Indonesia.

Jadi, bagaimana cara memeriksa IMEI iPhone dan perangkat Apple lainnya?

Periksa nomor yang tercetak di bagian belakang bodi.

Apakah Anda baru saja membeli iPhone dari Apple Official Store? Jika Anda membeli seri iPhone 5 atau lebih baru, Anda dapat menemukan nomor seri di bagian belakang bodi iPhone. Nomor seri IMEI di bagian belakang unit utama dapat terlihat di iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Pro, iPad, dan iPod touch.

Jika Anda memerlukan nomor IMEI untuk memeriksa data, lihat saja nomor di bagian belakang casing iPhone.

Apa fungsi nomor IMEI? Nomor IMEI adalah nomor identifikasi yang mewakili indikator waktu produksi.

Baca Selengkapnya: Ekspedisi Bandung Jakarta Terbaik

Cara Memeriksa IMEI iPhone di Slot Kartu SIM

Tidak dapat menemukan nomor IMEI Anda di bagian belakang bodi iPhone Anda? Jika ini terjadi pada Anda, seri gadget Apple Anda mungkin sudah ketinggalan zaman. Lokasi nomor IMEI iPhone Anda mungkin ada di slot kartu SIM.

Jadi yang harus Anda lakukan adalah membuka slot kartu SIM di samping iPhone Anda. Pertama, pastikan iPhone Anda dalam kondisi mati. Jika slot kartu SIM terlepas, Anda dapat melihat nomor IMEI yang ada pada pelat logam kartu SIM. Ingatlah bahwa jumlahnya adalah 15 digit.

Cara Memeriksa IMEI iPhone ini berlaku untuk iPhone 6s Plus versi terbaru yaitu iPhone 12 series.

Menekan angka seperti memeriksa sisa pulsa.

Jika ada masalah dengan ponsel Anda, Anda dapat memeriksa nomor IMEI sejak pertama kali membeli ponsel. Dengan cara ini, Anda tidak perlu panik mencari kotak kemasan.

Bagaimana cara memeriksanya? Cukup tekan *#06# dan tekan tombol panggil untuk melakukan panggilan. Dialog baru akan muncul dengan nomor seri IMEI 15 digit untuk Anda perhatikan dan simpan dengan cermat.

Nomor IMEI terdapat pada kemasan iPhone Anda.

Ingin melacak iPhone Anda yang hilang? Bahkan jika Anda kehilangan ponsel, ada cara untuk menemukan nomor IMEI Anda. Periksa kembali kemasan iPhone Anda. Biasanya nomor IMEI juga tercetak di kotaknya.

Selain mengetahui nomor IMEI, menyimpan karton HP bisa berguna saat menjual ponsel bekas. HP menganjurkan agar Anda menyimpan HP Packaging Cardboard dengan benar setelah pembelian.

Baca Juga: Ekspedisi Bandung Terpercaya

Cek nomor IMEI di menu pengaturan

Apakah nomor IMEI Anda tersimpan di sistem gadget iOS Anda? Ya, tentu saja nomor IMEI tersimpan di perangkat. Untuk memeriksa, buka menu Pengaturan> Umum> Tentang dan cari nomor IMEI 15 digit Anda.

Ada juga cara cek IMEI iPhone lainnya yang bisa kamu lakukan di desktop PC kamu.

– Masuk ke appleid.apple.com di browser web Anda

– Masuk dengan memasukkan ID Apple yang digunakan untuk perangkat Apple yang ingin Anda cari nomor serinya.

– Gulir untuk menemukan opsi ‘Perangkat’ untuk melihat nomor seri dan IMEI. Klik untuk mendapatkan nomornya.

Periksa Nomor Seri IMEI di iTunes

Selain mengakses menu Pengaturan dari menu Pengaturan iPhone, Anda juga dapat menemukan nomor seri IMEI Anda melalui iTunes. Bagaimana cara melakukannya?

– Hubungkan perangkat iOS Anda ke komputer seperti laptop atau komputer desktop.

– Buka aplikasi iTunes

– Klik nama perangkat yang informasinya ingin Anda lihat.

– Untuk iPhone, klik nomor telepon untuk menampilkan IMEI.

Cara Memeriksa IMEI iPhone di website Kemenperin

Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memeriksa IMEI iPhone Anda.

Pemerintah memberlakukan aturan pemblokiran IMEI untuk HP pasar gelap, termasuk iPhone. Jadi, ada baiknya untuk mulai memeriksa IMEI Anda sendiri mulai sekarang. Apakah ponsel terdaftar resmi atau produk pasar gelap atau produk BM? Inilah Mengapa Anda Harus Memeriksa IMEI Ponsel Anda Sekarang!

1. Telepon BM diblokir.

Dampak dari pemberlakuan regulasi nomor IMEI ini adalah pemblokiran telepon seluler (BM) yang ilegal. Jadi, setelah peraturan itu disahkan, Anda tidak bisa lagi menggunakan ponsel BM. Untuk itu sebelum membeli HP Iphone maka cek dengan Cara Memeriksa IMEI iPhone.

Di Indonesia sendiri, iPhone banyak dijual oleh perorangan atau distributor tidak resmi. Baik yang datang dari luar negeri maupun yang di impor langsung.

Jadi, iPhone mana yang disebut BM? Jawabannya adalah ketika Anda tidak membayar pajak pada iPhone Anda. Jadi, jika seseorang membawa iPhone dari luar negeri dan membayar pajak, perangkat itu legal. Setelah membayar pajak, iPhone Anda mendaftarkan IMEI di database pemerintah.

Nah, jika Anda membeli iPhone atau iPhone bekas dari perorangan, ada baiknya Anda mengecek IMEI terlebih dahulu melalui https://imei.kemenperin.go.id/. Anda dapat menemukan nomor IMEI menggunakan metode di atas. Jika Anda mendaftar, beli saja. Jika tidak, Anda harus membatalkan pembelian.

Baca juga: Ekspedisi Bandung Surabaya

2. Bukan hanya iPhone

Ponsel yang terkena aturan IMEI tidak hanya iPhone, tetapi juga model ponsel dari semua produsen. Faktanya, tidak semua model ponsel impor resmi terjual secara resmi.

Xiaomi Mi A2 misalnya. Model ponsel ini sebenarnya diimpor dan dijual secara resmi di Indonesia. Namun, hanya varian dengan RAM 4GB dan media penyimpanan 32GB dan 64GB yang resmi dijual. Sedangkan varian RAM 128GB dan 6GB termasuk produk BM.

Jika Anda membeli varian yang tidak resmi, ponsel Anda akan terblokir saat aturan IMEI berlaku nanti. Selain itu, garansi satu tahun tidak ditanggung oleh pusat layanan resmi merek tersebut.

3. Dukungan pemerintah

Pada dasarnya, pemerintah menegakkan peraturan untuk kepentingan umum. Ini termasuk peraturan nomor IMEI. bagaimana dengan itu? Maraknya pasar ponsel BM justru membuat negara merugi triliunan rupiah. Kerugian tersebut karena tidak membayar pajak kepada pemerintah.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari dukungan pemerintah, Anda juga harus memverifikasi nomor IMEI setiap ponsel dengan cara Cara Memeriksa IMEI iPhone. Pastikan ponsel yang Anda beli sudah terdaftar resmi. Juga, pastikan bahwa semua transaksi yang Anda lakukan tidak merugikan negara.

Padahal, ada banyak smartphone menarik yang hanya tersedia di BM, seperti Oneplus dan Google Pixel. Namun, membeli model telepon yang terdaftar secara resmi juga menguntungkan distributor. Anda juga dapat menikmati garansi yang mereka janjikan dan layanan purna jual penuh.

Itu sebabnya Anda harus memeriksa IMEI dan langkah-langkah yang Anda ambil di iPhone Anda. Tidak ada lagi kebingungan?

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Related Articles

Back to top button