Finance

Tips Memilih Rumah Kontrakan Terbaik

Tips Memilih Rumah Kontrakan Untuk Pasangan Muda

Punya rumah sendiri menjadi idaman para pasangan baru. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya belum bisa membeli rumah sendiri. Jika kamu salah satunya, opsi mengontrak rumah mungkin jadi pilihan yang paling bijaksana untuk dijalankan.

Memilih rumah kontrakan untuk pasangan baru pun tidak bisa sembarangan. Kamu perlu mempertimbangkan banyak aspek saat memilihnya. Pasalnya, berpindah-pindah kontrakan hanya akan menguras kantong kamu.

Keuntungan Mengontrak Rumah untuk Pasangan Baru

Banyak orang menutup mata tentang keuntungan mengontrak rumah, alih-alih tanpa membeli rumah setelah menikah. Berikut manfaat mengontrak untuk pasangan baru.

Baca juga: Jasa Pindahan Rumah ke Seluruh Indonesia

Jadi momen bersama pasangan

Tidak sedikit juga pasangan baru yang akhirnya tinggal bersama orang tua atau mertua setelah menikah. Sayangnya, langkah ini membuat waktu kamu semakin berkurang. Ada beberapa hal yang mungkin terbatas atau tidak bisa kamu lakukan saat berada di rumah orang tua kamu atau pasangan. Mengontrak juga membuat kamu merasakan momen “pacaran” lagi sambil menunggu buah hati.

Titik memulai bahtera hidup bersama pasangan

Sebagai pasangan muda, Anda pun perlu merasakan proses untuk berkembang. Suatu hari kamu bisa memiliki rumah yang lebih dari cukup, perasaan tersebut akan lebih berkesan karena kamu memulainya dari mengontrak. Kamu pun lebih menghargai pasangan yang telah menemani awal perjuangan dalam pernikahan.

Mampu melihat masalah dengan bijaksana

Bersama pasangan di rumah kontrakan pun kamu dan pasangan perlu belajar menyelesaikan semuanya berdua. Bukan hanya masalah dalam rumah tangga, hal-hal kecil seperti kebersihan dan perbaikan rumah pun perlu kamu hadapi bersama. Hal ini juga menjadi proses pendewasaan kamu dengan pasangan.

Belajar bersosialisasi dengan tetangga

Hidup di lingkungan baru tentunya perlu kenal orang yang berada di wilayah tersebut. Tidak masalah jika tidak mau terlalu aktif. Namun, ada kalanya kamu tetap perlu ikut kegiatan warga, seperti kerja bakti atau kumpul bersama lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak menginstal dalam sebuah lingkungan. Pasalnya, orang yang pertama kali membantumu saat tinggal adalah tetangga dekat rumah.

Bisa menumbuhkan sisi kreatif

Hidup mandiri dengan pasangan dan jauh dari keluarga akan memunculkan banyak ide dalam hidup. Sederhananya, kamu dan pasangan harus menyiapkan makanan sehari-hari. Selain itu, kamu pun bisa memulai hobi atau usaha di lingkungan baru. Hal ini akan membuat hari-hari kamu lebih berwarna setelah menikah.

Belajar mengatur keuangan

Hal besar yang perlu dipersiapkan dengan pasangan setelah hidup bersama adalah urusan keuangan. Dengan mengontrak, kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih teliti. Mulai menentukan prioritas dalam meningkatkan penghasilan setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan.

Bisa menabung untuk beli rumah

Membeli rumah dengan memanfaatkan KPR bisa jadi cukup memberatkan untuk sebagian orang. Beberapa orang malah tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari karena harus membayar cicilan rumah.

Berbeda jika kamu mengontrak rumah dengan biaya sewa yang lebih kecil dari cicilan rumah. Jadi, kamu masih ada sisa uang untuk di tabung sehingga nantinya bisa di belikan rumah atau mencukupi kebutuhan lain.

Baca juga: Jasa Ekspedisi Surabaya Terpercaya

Tips Memilih Rumah Kontrakan untuk Pasangan Baru

Memilih kontrakan pun layaknya memilih rumah untuk ditinggali dalam jangka waktu panjang. Kamu perlu tahu betul keadaan rumah dan lingkungan yang ada di sekitar sana. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih rumah kontrakan!

Menentukan batas harga sewa

Tips Memilih Rumah Kontrakan yang pertama adalah Pastikan kamu tentukan dulu batas atas harga sewa rumah. Misalnya saja mengambil titik sebesar 2 juta per bulan untuk biaya sewa. Selanjutnya, kamu hanya perlu mencari rumah yang biasa sewanya tidak lebih dari 2 juta.

Menentukan batas yang biasa membuat kamu tidak terlalu membatasi pengeluaran yang berlebihan. Pasalnya, ada beberapa kontes setelah rutin lagi yang akan kamu keluarkan tinggal di sana. Sebut saja biaya keamanan, kebersihan, listrik, dan udara.

Pilih rumah kontrakan yang lokasinya strategis

Strategi yang dimaksud bukan selalu dekat dengan pusat kota. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan lokasi tempat beraktivitas setiap hari. Hitung jarak dan waktu tempuh dari rumah kontrakan ke tempat-tempat kamu tahu waktu yang dibutuhkan untuk ke sana.

Tidak masalah jika harus tinggal di pinggiran kota. Asalkan, akses transportasi umum yang ada di dekat tempat tinggal kamu memudahkan untuk pergi ke tempat tujuan.

lakukan survei secara langsung

Mencari kontrakan dengan memanfaatkan platform digital memudahkan kamu. Namun, ada baiknya kamu tetap datang secara langsung sebelum bernegosiasi dengan pemiliknya. Kamu harus melihat rumah dan mengetahui lingkungan yang ada di bentuk sekitarnya.

melakukan survei langsung pun membuat Anda tahu kelebihan dan kekurangan rumah kontrakan. Jika memang ada yang perlu diperbaiki, kamu bisa langsung berbicara dengan pemilik rumah.

Baca juga: Ekspedisi Bandung Jakarta Terbaik

Masuk ke dalam rumah

Sebelum menyatakan akan menyewa rumah tersebut, Anda perlu masuk untuk mengetahui setiap sudut rumah. Ada hal baik yang bisa didapatkan dengan melakukannya. Pastinya kamu bisa langsung membayangkan peletakan perabotan dan barang-barang lainnya.

Kamu pun bisa langsung merasakan kenyaman di rumahnya. Percaya tidak percaya, rumah yang cocok dengan orang yang tinggal di sana akan lebih adem dan nyaman.

Bertanya dengan tetangga sekitar

Ada baiknya kamu mulai membuka diri dengan tetangga sekitar saat melakukan pengawasan rumah kontrakan. Cinta bertanya banyak hal tentang lingkungan tempat tinggal tersebut kepada orang yang tinggalnya tidak jauh dari rumah kontrakan.

Pastikan kamu bertanya tentang lingkungan, pemilik rumah, serta penyewa yang pernah tinggal di sana. Jadikan hal tersebut pertimbangan untuk menentukan jadi atau tidaknya kamu memilih rumah tersebut.

Perhatikan kondisi lingkungan sekitar

Akses untuk mencapai lokasi tempat tinggal pun perlu diperhatikan. Tanyakan juga kepada warga sekitar tentang jalan utama dan alternatif jalur untuk kamu menuju tempat tersebut. Namun, ada baiknya juga kamu mencoba menempuhnya sendiri, baik dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan.

menemukan apa saja yang ada di sekitar rumah kontrakan tersebut. Sebut saja perumahan atau tempat lain di sekitarnya. Selain itu, cari tahu juga sarana umum yang penting, seperti rumah sakit dan pasar.

Melakukan negosiasi

Saat bertemu dengan pemilik rumah, kamu perlu melakukan negosiasi harga, waktu pembayaran, sekaligus hal-hal lain terkait dengan sewa-menyewa. Beberapa rumah kontrakan sekarang menerapkan term pembayaran per tahun. Jika memberatkan, kamu bisa mengajukan penawaran untuk pembayaran 3 atau 6 bulan. Jangan lupa, semua perjanjian yang telah kamu sepakati harus tertuang dalam surat kontrak sewa-menyewa.

Itu dia Tips Memilih Rumah Kontrakan untuk pasangan yang baru menikah. Semoga informasi di atas berguna, ya!

Click to rate this post!
[Total: 8 Average: 5]

Related Articles

Back to top button